Manchester City gantikann Nike dengan Puma

By | Oktober 30, 2019

Manchester City gantikann Nike dengan Puma dalam kontrak 10 tahun senilai 650 juta poundsterling

Kesepakatan ini dianggap nomor dua di Inggris, nilainya masih dibawah nilai yang diterima Manchester United. Perjanjian dimulai musim depan dan mencakup klub saudara Manchester City

Manchester City telah menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan perusahaan Jerman Puma, yang akan menggantikan Nike dari musim depan dalam perjanjian 10 tahun senilai £ 65 juta per musim.

Kontrak tersebut mencakup klub klub saudara Manchester City di Australia, Spanyol, Uruguay dan Cina, tetapi juara Liga primer Inggris akan menerima sebagian besar uang dalam apa yang dianggap sebagai paket peralatan paling menguntungkan kedua di sepak bola Inggris.

Kesepakatan Manchester United saat ini dengan Adidas menghasilkan sekitar £ 73 juta per tahun, sementara Barcelona berada di depan di Eropa dengan kontrak dengan Nike senilai £ 132 juta per musim. City akan bergerak sedikit lebih cepat dari Chelsea dengan kesepakatan baru mereka, dan mendapatkan hampir dua kali lipat dari sponsor kit mereka seperti Liverpool dan Arsenal.

Björn Gulden, kepala eksekutif Puma, mengatakan perjanjian dengan Manchester City adalah kesepakatan terbesar yang pernah dilakukan perusahaannya, sementara Ferran Soriano, kepala City Football Group, menggambarkan kemitraan itu sebagai terobosan.

“Ini adalah hari bersejarah bagi kami, apa yang kami lakukan belum pernah dilakukan sebelumnya,” katanya. “Ini adalah kemitraan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang me-reset model pada skala yang benar-benar global.”

Ahli sponsor olahraga, Nigel Currie mengatakan kepada BBC bahwa kesepakatan itu mencerminkan sifat sponsor olahraga yang berubah dan sifat daya tarik Liga Premier yang semakin global.

Dia menambahkan: “Merchandising sangat penting. Ini bukan sponsor murni, ini kesepakatan komersial. Ini semua tentang penjualan replika kit dan menciptakan berbagai barang dagangan untuk dunia mode.”

Klub lain yang dicakup oleh kesepakatan adalah Melbourne City, Girona, Club Atletico Torque dan Sichuan Jiunjiu.

Klub Tiongkok ditambahkan ke kandang CFG awal bulan ini.

Kesepakatan itu mencakup tim pria, wanita dan pemuda di setiap klub.

Kesepakatan sponsor besar lainnya dalam sepak bola Inggris termasuk ikatan Manchester United dengan Adidas, yang dilaporkan bernilai £ 75 juta setahun, dan kesepakatan Nike dengan Chelsea.

Puma sudah memiliki kesepakatan dengan sejumlah klub top Eropa, termasuk Borussia Dortmund, AC Milan dan Marseille.